Perlukah Fantasi Seksual?


Apakah fantasi seksual bisa menjadi cara yang berguna untuk meningkatkan hubungan dan membangun keintiman atau hanyalah menjadi pemberhentian terakhir dari kesepian dan keputus-asaan? Ahli terapi psikoseksual Paula Hall akan menjelaskan lebih dalam kenapa orang berfantasi dan cara teraman untuk mewujudkan hasrat ini.Apa itu fantasi seksual?
Fantasi adalah satu angan-angan, bayangan imajinasi, pemikiran yang tidak biasa dan suatu keinginan. Semua orang berfantasi pada beberapa tingkatan. Kalau Anda benar membayangkan apa yang akan Anda lakukan kalau Anda memenangkan suatu lotre, Anda telah menggunakan fantasi Anda.

Fantasi merupakan bagian penting dari sifat seorang manusia. Kita dapat melihat imajinasi aktif sebagai suatu kesehatan pada anak-anak. Dengan melihat mereka saat bermain, seakan-akan mereka tenggelam dalam dunia mereka sendiri. Hal seperti inilah yang harus terus ditumbuhkan saat dewasa. Tetapi kebanyakan orang tidak melakukannya. Tetapi meskipun kita berusaha menahan imajinasi kita sepanjang hari, hasrat di bawah sadar ini akan muncul saat kita tidur.

Memahami fantasi
Dalam fantasi seksual yang dominan kebanyakan menyangkut selera pribadi. Hal ini yang sering membuat orang sering merasa tidak nyaman dengan fantasi mereka sendiri, takut dianggap aneh jika mereka bisa bergairah dengan hal yang tidak bisa diterima oleh pasangan mereka.

Fantasi seksual mengekspresikan suatu aspek dari pikiran di bawah sadar kita. Sebagai contoh, fantasi menjadi pihak yang pasif kemungkinan berhubungan dengan suatu hasrat untuk mengalami rangsangan seksual tinggi tanpa adanya tanggung jawab pribadi.

Namun fantasi kebanyakan adalah suatu tempat di mana kita dapat bertindak tanpa batas di mana tidak bisa kita lakukan di kehidupan nyata. Di sini seperti berhubungan seks di tempat umum atau dengan orang tertentu. Hal-hal ini begitu mudah membuat kita bergairah karena semua itu tidak nyata.

Berfantasi tentang orang lain
Beberapa orang khawatir berfantasi tentang orang lain yang bukan pasangannya sebagai suatu pengkhianatan, menyatakan suatu keinginan untuk tidak setia atau mereka tidak lagi bergairah dengan pasangan mereka sendiri.

Dalam kenyataannya, hal ini merupakan kasus yang sangat jarang. Fakta-fakta yang ada menunjukkan siapa saja yang berfantasi kebanyakan berada dalam hubungan yang bahagia, penuh cinta dan kepercayaan. Fantasi di sini hanya ada dalam konteks eksplorasi dalam pikiran, tidak ada keinginan untuk mewujudkannya.

Keuntungan dari fantasi
Seks pada umumnya bermula dari dalam otak. Jadi suatu imajinasi yang aktif berarti Anda telah siap untuk seks sebelum segala tindakan fisik terjadi. Gairah akan bangkit terlebih dulu dan rangsangan akan bisa lebih cepat.

Beberapa orang menemukan kalau fantasi yang aktif akan bisa menambahkan kesenangan baru dalam suatu hubungan jangka panjang. Ini akan sangat membantu kalau pasangan Anda tidak seberani Anda dalam mengambil resiko dalam hubungan seks.

Di lain pihak, jika Anda menemukan pengalaman memalukan saat di tempat tidur, fantasi menawarkan suatu peluang bagi imajinasi Anda untuk bebas dari kekangan dan bertukar peran.Ini dapat digunakan sebagai arena latihan di mana Anda dapat membentuk suatu kepercayaan sebelum memulai sesuatu yang baru.

Dalam terapi psikoseksual, fantasi sering digunakan untuk menghilangkan pikiran negatif. Jika dalam hubungan seksual, dalam pikiran Anda selalu terbayang bayangan atau pikiran yang tidak membantu, fantasi dapat membantu Anda untuk memfokuskan kembali pada kenikmatan seksual Anda.

Belajar berfantasi
Jika Anda tidak bisa menemukan fantasi seksual dengan mudah, Anda dapat belajar. Erotisme dapat membantu. Coba carilah di toko buku, buku dan lukisan erotis. Terdapat juga banyak majalah yang tersedia sesuai dengan berbagai selera. Toko video di dekat Anda pun menyimpan banyak macam film, dari romantis dan humor sampai yang mengerikan dan khususnya yang berating 18 tahun ke atas.

Temukan apa yang bisa membuat Anda bisa bergairah. Kemudian dengan bantuan dari teknik relaksasi, berbaringlah dan biarkan pikiran Anda untuk membentuk imajinasi kesukaan Anda.

Kebanyakan fantasi dari pria di antaranya:
– berhubungan seks dengan pasangan sendiri.
– melakukan dan mendapat oral seks.
– berhubungan seks dengan lebih dari satu orang.
– mendominasi.
– menjadi pihak yang pasrah atau pasif.
– mengulang pengalaman yang sebelumnya.
– melihat pihak lain berhubungan seks.
– mencoba posisi berhubungan seks yang baru.

Kebanyakan fantasi dari wanita di antaranya:
– berhubungan seks dengan pasangan sendiri.
– melakukan dan mendapat oral seks.
– berhubungan seks dengan pasangan baru.
– lokasi yang romantis dan eksotis.
– melakukan sesuatu yang terlarang.
– bersifat pasrah.
– mengulang pengalaman yang sebelumnya.
– merasa tidak bisa menahan.
– mencoba posisi berhubungan seks yang baru.

Yang perlu diperhatikan dalam berbagi fantasi
Meskipun beberapa pasangan menganggap dengan berbagi dan melakukan fantasi mereka dapat meningkatkan kepercayaan dan keintiman, yang lainnya dapat berpikir sebaliknya.

Fantasi benar-benar bersifat personal. Selalu terdapat resiko dalam mengungkapkan itu, terutama pada seseorang yang kita sayangi. Coba pikirkan bagaimana cara Anda mengatasi jika mereka tidak suka fantasi Anda atau jika saat Anda berusaha melakukannya tetap hal itu tidak berhasil.

Berbagi fantasi dapat memberikan kebebasan, tetapi tetap beresiko. Bicarakan terlebih dahulu dengan pasangan Anda tentang inti dasarnya, kemudian coba lakukan pendekatan dengan hati-hati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: